Dinas Kesehatan

 Dinas Kesehatan

GAMBARAN UMUM DINAS KESEHATAN

Kota Pagar Alam salah satu kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang RI No.8 Tahun 2001 (tambahan Lembaran Negaran No.4115). Kota Pagar Alam mulai berdiri sendiri sebagai kota otonom terpisah dari Kabupaten Lahat, yang sebelumnya kota administratif dalam lingkungan Kab. Lahat.Dinas-dinas di lingkungan Pemerintah Kota Pagar Alam dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pagar Alam No.5 Tahun 2003 dan diubah dengan Perda No.4 Tahun 2008 tentang pembentukan organisasi dan tata kerja dinas daerah Kota Pagar Alam, dan kembali diubah dengan Peraturan daerah Kota Pagar Alam No.02 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Laksana Dinas – Dinas Daerah Kota Pagar alam.

Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Pagar Alam termasuk Dinas Kesehatan. Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Pagar Alam adalah sebuah lembaga teknis daerah yang merupakan unsur penunjang Pemerintah Kota Pagar Alam. Dinas Kesehatan memiliki wilayah kerja meliputi 5 Kecamatan dan 35 Kelurahan, dengan 7 Puskesmas (3 rawat inap dan 4 non rawat inap). Untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada Tahun 2016 Dinas Kesehatan menambah UPTD Penunjang yaitu UPTD Labkesda, UPTD PPSDMK.

TUGAS DAN FUNGSI SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH DINAS KESEHATAN PEMERINTAH KOTA PAGAR ALAM

Berdasarkan Peraturan Walikota Pagar Alam Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Pagar Alam melaksanakan sebagian tugas Pemerintah Daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang kesehatan. Adapun fungsinya adalah perumusan kebijakan teknis di bidang kesehatan Perumusan kebijakan terknis dalam bidang kesehatan yang meliputi upaya peningkatan derajat kesehatan (promotive) upaya pencegahan (preventive), pengobatan (curative), pemulihan kesehatan (rehabilitatif), penyelenggaraan sebagian urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang kesehatan, pembinaan dan pelaksananan tugas di bidang kesehatan, pengaturan pengawasan dan pemberian perijinan di bidang kesehatan, penyelenggaraan monitoring evaluasi di bidang kesehatan, pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Walikota.

Susunan Organisasi Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Pagar Alam sebagaimana termasuk pada  Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Pagar Alam yang merupakan implementasi dari Peraturan Pemerintah RI Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perangkat Daerah.

Dalam melaksanakan tugas dan kewajiban Dinas Kesehatan dipimpin oleh Kepala Dinas. Struktur/susunan organisasi Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Pagar Alam berdasarkan nomenklatur PP 18 Tahun 2017 terdiri dari :

  1. Kepala Dinas
  2. Sekretariat Dinas, membawahi :
    1. Sub Bagian Program, Informasi dan Humas
    1. Sub Bagian Keuangan, Kepegawaian dan Umum
  3. Bidang Kesehatan Masyarakat, membawahi :
    1. Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi
    1. Seksi  Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat
    1. Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga
  4. Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, membawahi:
    1. Seksi  Surveilans dan Imunisasi
    1. Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular
    1. Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa
  5. Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan, membawahi:
    1. Seksi Pelayanan Kesehatan
    1. Seksi Kefarmasian, Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT)
    1. Seksi Sumber Daya Manusia Kesehatan
  6. Kelompok Jabatan Fungsional
  7. Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD)

Adapun tugas setiap unit kerja/unit organisasi yang ada di Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Pagar Alam sebagaimana diatur dalam Peraturan Walikota Pagar Alam Nomor 41 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Pagar Alam adalah sebagai berikut :

Dinas Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan Urusan Pemerintahan di bidang kesehatan yang menjadi kewenangan Kota dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Kota. 

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Pagar Alam  menyelenggarakan fungsi :

  1. Perumusan dan penetapan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, kefarmasian, alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) serta sumber daya kesehatan;
  2. Pelaksanaan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, kefarmasian, alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) serta sumber daya kesehatan;
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan, kefarmasian, alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) serta sumber daya kesehatan;
  4. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di Lingkungan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Pagar Alam;
  5. Pengelolaan Barang Milik Negara yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Pagar Alam;
  6. Pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  7. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di Lingkungan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Pagar Alam;
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah terkait dengan bidang kesehatan;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *